Dosis Obat untuk Penderita Obesitas

Selasa, 09 Februari 2010

Obesitas untuk kegemukan adalah kondisi yang paling sulit di “obati” dan merupakan suatu problem yang penuh tantangan. Menentukan etiologi dari obesitas memerlukan waktu, dan penelusuran sejarah orang yang bersangkutan. Secara simplistic dapat dikatakan obesitas ialah akibat memasukkan kalori yang lebih besar dari kalori yang dibakar dalam tubuh. Ada beberapa pengecualian karena penyakit, seperti Chusing’s syndrome, hypo-thyreodism berat dan kelainan neurologic tertentu pada masa kecil.

NIH-CDC (National Institutes of Health – Consensus Development Conferences) menyatakan bahwa sulit sekali membuat definisi yang memuaskan apa yang disebut obesitas itu. Suatu panel menyarankan, obesitas ialah bila berat badan seseorang 20% di atas berat badan ideal. Ada pula yang menyarankan mempergunakan body mass index, yaitu berat badan dalam Kg dibagi dengan tinggi badan dalam meter, bila angka yang dihasilkan > 27.8 untuk pria dan > 27.3 untuk wanita, orang tersebut sudah dapat digolongkan obesitas atau kegemukan.

Bila seseorang yang gemuk atau sakit dan memerlukan pengobatan maka menentukan dosis obat untuk penderita yang obesitas itu kadang-kadang menjadi problem, oleh karena adanya deviasi yang besar dari komposisi tubuh dibanding dengan orang yang berat badannya normal. Problem yang ditimbulkan terutama disebabkan oleh adanya perbedaan antar obat dalam hal daya larut dalam lemak atau distribusi obat antar jaringan lemak dan air tubuh.
Bahan obat yang sangat lipofilik seperti benzodiazepin bila diberikan kepada penderita yang obesitas menyebabkan distribusi obat dalam tubuh sangat meningkat. Ini mengakibatkan t1/2 eliminasi menjadi lebih lama.

Peningkatan distribusi obat golongan benzodiazepin mungkin merupakan hasil dari partisi struktur benzodiazepin yang larut dalam jaringan lemak yang berlebihan yang didapat pada subyek yang kegemukan.

Untuk obat-obat dengan daya larut dalam lemak kecil (antara lain digitoxin, gentamicin, kanamycin, streptomycin) dianjurkan untuk orang gemuk perhitungan dosis obat didasarkan pada lean body mass atau berat badan tanpa lemak (BBTL). Sebaliknya untuk obat-obat yang daya larutnya dalam lemak besar (antara lain thiopental) maka perhitungan dosis hendaknya didasarkan pada berat badan nyata (BBN) dari penderita.

Kesulitan dapat timbul bila harus diberikan obat dengan daya larut dalam lemak kira-kira menengah, maka dosis obat ini ialah antara dua keadaan ekstrem di atas. Yang dapat dilihat ialah diberikan suatu dosis percobaan, kemudian diadakan penyesuaian dosis regimen dengan memantau konsentrasi obat dalam plasma pada penderita.

Bagaimanapun, dalam menentukan dosis obat bagi penderita obesitas perlu diperhitungkan berat badan nyata penderita bila BBNnya melebihi berat badan ideal sebanyak 10% atau lebih. Memperhitungkan berat badan ideal menurut Ritschel adalah sebagai berikut :

BB ideal = (T – 100) 0.9 (Kg)
T = tinggi/cm

Untuk obat-obat dengan daya larut kecil dalam lemak, maka BBTL diperhitungkan dalam tiga tahap :
Tahap pertama : kepadatan tubuh ditentukan
Tahap kedua : persentase lemak dihitung
Tahap ketiga : barat badan tanpa lemak (BBTL) dihitung


Ars Prescribendi


3 komentar:

Anonim mengatakan...

hallo sob! balik lagi nih! ga pa2 yap!, kemaren kommentnya ga bisa mulu! Oiya mau tanya itu dong! kalo buat lawannya oblesitas(apa istilahnya) dosis obatnya gmana soB1! thanks!!.

Selkalian tukeran follow nyuk! kalo mau kabarinnya!

mafti2k mengatakan...

obesitas itu over weight lawannya under weight, setauku itu. klo under weight biasanya dgn minum multivitamin n curcuma utk menambah nafsu mkn. untuk dosisnya klo multivitamin itu sehari sekali aja minumnya. sorry klo krg puas blh nanya lg koq...

Anonim mengatakan...

well sobat tku nih! infonya jadi ngerepotin!! he he he! o gitu yah!! asyik cuma pake multivitamin ga! perlu ribet nih ane!! mantabb! thankss! sob! o iya Nama FB saya : Maddie Depal Suyadi yap(di add aja kalo sobat berkenan) he he he

ti2k's blog Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template for Bie Blogger Template Vector by DaPino